VAKSINASI COVID-19 TAHAP PERTAMA DITJEN INDUSTRI AGRO

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi pegawai Kemenperin di wilayah kerja DKI Jakarta mulai tanggal 6 hingga 8 Maret 2021. Vaksinasi dilaksanakan di kantor pusat Kemenperin di bilangan Jakarta Selatan. Direktur Jenderal Industri Agro, Abdul Rochim, beserta ratusan pegawai Ditjen Industri Agro berkesempatan mengikuti kegiatan yg dilaksanakan sejak pukul 8 pagi tersebut. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita turut hadir menyaksikan vaksinasi pertama. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Kemenperin, Dinkes DKI Jakarta dan BPJS.

Acara vaksinasi berjalan relatif lancar. Tidak ditemukan adanya peserta yang mengalami keluhan setelah divaksinasi. Dalam testimoninya, Dirjen Industri Agro berbagi pengalamannya setelah divaksinasi.

"Seperti disuntik biasa, tidak ada perbedaannya. Saya sampai saat ini, sekitar 1 jam setelah divaksin tidak merasakan apa-apa. Alhamdulillah. Semoga ke depannya tidak ada masalah. Insyaallah menunggu vaksin yang kedua." Tutur Rochim.

Seperti diketahui, vaksinasi Covid-19 memerlukan dua dosis penyuntikan. Dikutip dari covid19.go.id bahwa tujuan penyuntikan dosis pertama adalah untuk memicu respons kekebalan awal, sedangkan dosis kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Antibodi akan optimal setelah 14-28 hari dari suntikan kedua dilakukan.

Vaksinasi kedua di Kemenperin rencananya akan dilaksanakan 2 pekan setelah vaksinasi pertama yaitu tanggal 20 hingga 22 Maret 2021. (ran)