KUNJUNGAN KERJA DIRJEN INDUSTRI AGRO KE KENDAL

Hari Kamis, 25 Februari 2021 Direktur Jenderal Industri Agro Abdul Rochim didampingi Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Edy Sutopo melakukan kunjungan kerja ke Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kendal, Jawa Tengah. Kunjungan dalam rangka meninjau bantuan alat untuk workshop Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu dari Ditjen Industri Agro Kemenperin tahun anggaran 2018. Mesin dan peralatan yang diberikan antara lain mesin proses pembahanan, mesin produksi/milling, mesin proses finishing, mesin resetting, sharpener dan perlengkapan tambahan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Direktur Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Tri Ernawati Veronica Ludovica menjelaskan mengenai fasilitas yang dimiliki oleh Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu beserta kurikulum pengembangan SDM industri furnitur dan pengolahan kayu. Ia juga menyampaikan tentang salah satu kendala yang dihadapi Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu ini yaitu minimnya fasilitas magang untuk mahasiswanya. Untuk itu, Direktur Jenderal Industri Agro akan melakukan kerjasama dengan Ditjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA).

"Terkait penyaluran magang untuk mahasiswa, kita akan coba koordinasikan dengan Ditjen IKMA supaya nanti mahasiswa-mahasiswa ini bisa magang di perusahaan furnitur dan pengolahan kayu." Papar Abdul Rochim.

Untuk mendorong lulusan Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu menciptakan usaha sendiri di bidang industri pengolahan kayu, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu telah memiliki program Inkubator Bisnis Furnitur. Program ini sebagai salah satu upaya untuk menjawab tantangan yang dihadapi lulusan politeknik di tengah pandemi Covid-19 yang dampaknya juga turut dirasakan industri furnitur. (ber)