BUAH NAGA BISA MENJADI KOSMETIK

Meskipun bentuknya aneh, buah naga yang merupakan keluarga cactacea dan tergolong dalam spesies kaktus ini semakin mendapat tempat di kalangan petani modern. Meski permintaan masyarakat di dalam negeri masih sedikit, tapi sebenarnya buah yang banyak dipasok dari Thailand dan Vietnam ini kaya akan khasiat untuk kesehatan manusia yang mengonsumsinya. M Barus yang dengan semangat mengajak MedanBisnis berkeliling kebun buah naga, menceritakan, sesuai literatur yang dibacanya di internet, buah yang berasal dari Costa Rica, El Salvador, Mexico Selatan dan Guatemala ini merupakan jenis tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.

Memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai anti oksidan, penyeimbang gula dalam darah, memperbaiki sistem peredaran darah dan mencegah kanker usus serta dapat mengurangi kolesterol yang tinggi dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

"Dari pengalaman pribadi, dulu tidak bisa makan daging karena tensi bisa naik, kini setelah sering makan buah naga, tensi saya bisa normal dan tak takut makan daging lagi. Pernah juga sedang menderita flu, saya tidak perlu membeli obat. Cukup dengan makan buah naga, kondisi tubuh bisa kembali fit,” jelasnya bangga.

Dari satu buah naga, diketahui mengandung zat besi untuk menambah darah yaitu vitamin B1 yang dapat mencegah demam. Sedangkan vitamin B2 sebagai penambah selera makan dan vitamin B3 yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol serta vitamin C berguna memperbaiki kulit.

Secara lengkapnya nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain kadar gula, air, karbohidrat, asam, protein, serat, kalsium, fosfor, magnesium dan juga vitamin. 

Karena itu, menurutnya, dengan kandungan air yang banyak tersebut, buah naga dapat dikonsumsi sebagai penghilang rasa dahaga. Rasanya yang manis, menurutnya, cocok untuk dijadikan jus, selai, sari buah, dan lainnya. "Tapi kalau saya pribadi lebih suka dimakan langsung karena lebih terasa alaminya," kata Leon Nahak, seorang perantau berasal dari Kupang, NTT yang sudah 11 tahun tinggal di Medan.

Di kebun seluas 1 hektare ia biasa menghabiskan waktu dari pagi hingga sore. "Buah ini bisa dikonsumsi setiap hari, ini mungkin karena buah naga belum begitu populer di semua kalangan," katanya.

Buah yang pada awalnya hanya dijadikan tanaman hias oleh masyarakat Vietnam ini, juga berkhasiat untuk menyembuhkan rematik, menguatkan tulang dan ginjal. "Dari warna dagingnya yang merah ini dapat menyembuhkan maupun mencegah penyakit datang," ucapnya menambahi. 

"Buah naga ini memiliki kadar nutrisi paling lengkap untuk kesehatan tubuh yang dapat memperlancar metabolisme, tapi belum begitu memasyarakat," lanjutnya sambil memetik buah naga merah yang siap untuk disantap dari pohonnya yang merambat di sebatang tiang beton setinggi 1,5 meter.

Buah naga yang selama ini hanya dikenal sebagai salah satu jenis buah-buahan untuk dikonsumsi masyarakat ternyata bisa dimanfaatkan sebagai kosmetik.

 

(Sumber : Medanbisnisdaily.com)