21-Jun-2012 07:24 indri Industri Kelapa 798

FEASIBILITY STUDY PUSAT PENGEMBANGAN KLASTER INDUSTRI KELAPADI SULAWESI UTARA DAN KEPULAUAN RIAU


FEASIBILITY STUDY PUSAT PENGEMBANGAN KLASTER INDUSTRI KELAPADI SULAWESI UTARA DAN KEPULAUAN RIAU

FEASIBILITY STUDY PUSAT PENGEMBANGAN KLASTER INDUSTRI KELAPA

DI SULAWESI UTARA DAN KEPULAUAN RIAU

DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI AGRO KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

 

Indonesia adalah negara penghasil kelapa terbesar di dunia, dimana kelapa Indonesia menjadi ajang bisnis raksasa mulai dari pengadaan sarana produksi seperti pupuk, pestisida dan lain-lain kemudian proses produksi, pengolahan produk kelapa seperti turunan daging kelapa, tempurung, sabut, kayu, lidi, dan nira. Daya saing produk kelapa pada saat ini terletak pada produk jadi (industri hilir), tidak lagi pada industri primer (industri hulu), dimana nilai tambah dalam negeri yang dapat tercipta pada produk jadi dapat berlipat ganda dari pada produk primer.

Usaha produk jadi saat ini terus berkembang dan memiliki kelayakan yang baik untuk usaha kecil, menengah, maupun besar, sehingga industri hilir menjadi lokomotif industri hulu.

Adapun produk akhir yang sudah berkembang dengan baik adalah desiccated coconut (DC), coconut mikl/cream (CM/CC), coconut chatcoal (CCL), activated carbon (AC), Brown Sugar (BS), nata de coco (ND), dan coconut fiber (CF), yang baru mulai berkembang adalah virgin coconut oil (VCO) dan coconut wood (CW). Produk- produk terssebut sudah masuk pasar ekspor kecuali CF yang kurang berkembang karena belum memenuhi standar, walaupun permintaan dunia terus meningkat.

Kegiatan feasibility study pusat pengembangan klaster industri kelapa di Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau ini di maksudkan untuk menyusun study kelayakan pusat pengembangan klaster industri kelapa di Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau termasuk peran dan fungsi pusat pengembangan klaster industri beserta kapasitas kelembagaan dan kewenangan yang diperlukan.

Penerima manfaat kegiatan ini adalah seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengembangan klaster industri kelapa di Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau, baik di sektor hulu maupun disektor hilir.

Adapun rekomendasi yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Perlu sosialisasi hasil feasibility study pusat pengembangan klaster industri kelapa si Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau agar dalam membangun pusat pengembangan klaster industri kelapa, dengan tetap berkiblat pada potensi/sumberdaya, keunikan, dan kearifan lokal, seraya mendorong kepedulian dan peran serta pemangku kepentingan pusat pengembangan klaster industri kelapa di daerah.
  • Perlu penyusunan mopdel/pola pengolahan pusat pengembangan klaster industri kelapa, lengkap dengan mekanisme operasional dan Standar operating procedure, sebagai input penyusunan detail engineering design sehingga menjadi pedoman dalam implementasi pengembangan klaster kelapa tanah air, khususnya di lokasi kajian.
  • Perlu fasilitasi riil, baik dalam aspek dukungan pembiayaan, pendampingan, maupun aspek pendukung lainnya, untuk pendirian pusat pengembangan klaster industri kelapa, terutama di lokasi kajian.

 

 

blog comments powered by Disqus