ID EN
event_note 02-Oct-2019 12:47 | account_circle Ranny M | folder_open Industri Kopi | remove_red_eye 71

Hari Kopi Internasional Tahun 2019


Hari Kopi Internasional Tahun 2019
Angkat tema nasional Irresistible Indonesian Coffee, perayaan Hari Kopi Internasional Tahun 2019 kali ini diselenggarakan di Jambi mulai tanggal 30 September hingga 4 Oktober. Rangkaian acara perayaan ini diisi dengan touring kopi Jambi, display coffee corner (hulu-hilir kopi), Jambi Brewers Competition (JBC) 2019, Bimbingan Teknis Roasting dan Coffee Cupping, Coffee Trip, pemecahan rekor MURI, pameran kopi, dan kegiatan lainnya.

Jambi sebagai tuan rumah perayaan Hari Kopi Internasional Tahun 2019 ini mempunyai keunikan tersendiri. Hal ini dikarenakan Provinsi Jambi mempunyai 3 (tiga) varietas kopi yaitu arabika, robusta dan liberika. Selain itu, Provinsi Jambi telah mempunyai 2 (dua) indikasi geografis terdaftar kopi yaitu Kopi Arabika Sumatera Koerintji, dan Kopi Liberika Tungkal Jambi yang dikenal mempunyai citarasa yang khas. Dalam kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Jambi dan Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) dan Asosiasi Perkopian di tingkat nasional seperti Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) serta Coffee Lovers Indonesia (CLI).

Dalam sambutannya, Staff Ahli Menteri Perindustrian bidang Pendalaman, Penguatan dan Penyebaran Industri, Dody Widodo menyampaikan bahwa perayaan ini dilakukan setiap tahun di dalam negeri dengan tujuan untuk merayakan budaya dan gaya hidup minum kopi yang sudah mengakar kuat di masyarakat Indonesia.

"Perayaan di Indonesia ini dilakukan dengan semangat apresiasi kepada petani kopi melalui peningkatan produktivitas dan kualitas kopi nusantara, promosi kopi di dalam negeri dan internasional yang akhirnya bertujuan meningkatkan kesejahteraan seluruh pelaku pada rantai nilai perkopian Indonesia dari petani, industri sampai dengan penyedia jasa retail kopi." Papar Dody.

Kementerian Perindustrian dan stakeholder kopi nasional juga mendorong perayaan International Coffee Day oleh berbagai komunitas kopi di daerah lain di Indonesia sebagai upaya saling mendukung peningkatan promosi kopi Indonesia di dalam negeri dan di luar negeri. Diharapkan perayaan hari kopi internasional pada tahun ini dapat dilaksanakan oleh masing-masing instansi di daerah penghasil kopi dan dunia usaha seperti perkebunan kopi, cafe, roaster dan industri pengolahan kopi dengan membuat program khusus yang berkaitan dengan penghargaan terhadap petani kopi dan kampanye minum kopi Indonesia (misal pelatihan terkait kopi, pemutaran film tentang kopi Indonesia, diskon khusus, dan lain-lain) dan mengunggah event tersebut beserta foto/komentar aktivitas tersebut melalui website: https://internationalcoffeeday.org/ dan media sosial seperti facebook, instagram dan twitter @ICOCoffeeOrg dengan hashtag #InternationalCoffeeDay #KopiIndonesiaKeren #coffeepledge