ID EN
event_note 22-Apr-2019 09:03 | account_circle deby S | folder_open Industri Gula | remove_red_eye 125

Gula Cukup untuk Puasa


Gula Cukup untuk Puasa

BANDA ACEH - Stok kebutuhan gula yang ada di gudang dan pedagang saat ini cukup untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat pada bulan puasa nanti. Tak hanya gula, persediaan bahan pokok lainnya seperti minyak goreng, tepung terigu dan beras juga mencukupi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Aceh, Muhammad Raudhi kepada Serambi, seusai meninjau persediaan bahan pokok di Gudang Bulog, Lambaro, Jumat (19/4). Dikatakan, stok sementara gula pasir ada di dua tempat yaitu Langsa dan Banda Aceh sekitarnya.

“Di Langsa, stok gular pasir sebanyak 4.250 ton. Sedangkan di Banda aceh sebanyak 1.200 ton. Jumat tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan gula di bulan puasa nanti,” tandasnya.

Didampingi, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindah Aceh, Abdussalam, dia mengatakan, stok-stok gula pasir tersebut diketahui dari penjelasan H Yusuf, seorang distributor gula pasir mitra Bulog Aceh di Kota Langsa. “Informasi yang kami dapat, stok gula sebenarnya ada sekitar 6.250 ton. Cuma yang kini berada di Langsa 4.250 ton, sisanya masih tersimpan di Medan, Sumatera Utara,” jelas Raudhi.

Dikatakan, stok sebanyak 4.250 ton itu untuk memenuhi permintaan pedagang mulai Aceh Tamiang hingga Kota Lhokseumawe. Sedangkan untuk kebutuhan Aceh Utara sampai Banda Aceh, diambil dari stok gula yang ada di gudang di Medan sebanyak 2.000 ton.

Sementara H Yusuf, distributor gula pasir mitra Bulog Aceh di Kota Langsa menambahkan, harga jual gula pasir di Medan saat ini, sekitar Rp 530.000/sak, tambah ongkos angkut Rp 20.000/sak (50 kg). Sedangkan harga grosir di Banda Aceh antara Rp 550.000-Rp 555.000/sak.

Ditambahkan, gula pasir yang dijualnya di Aceh dibeli dari pabrik yang ada di Medan, Jakarta, Semarang dan Surabaya. “Harga beli gula pasir di pabrik saat ini memang sudah tinggi, di atas Rp 510.000/sak, makanya harga jual gula pasir pada distributor besar di Medan mencapai Rp 530.000/sak,” ujar Yusuf.

Kendati naik, harga jual grosir gula pasir di Aceh Rp 550.000/sak dibagi 50/kg, harga per kilogramnya menjadi Rp 11.000/Kg, masih di bawah HET gula pasir Rp 12.500/Kg.


Sementara itu, Kabid Bahan Pokok Bulog Aceh, Lili mengatakan, Senin (22/4) lusa akan masuk sebanyak 200 ton dan seminggu kemudian akan masuk 1.000 ton lagi. Gula pasir yang masuk 200 ton itu, akan digunakan untuk penjualan gula pasir di Pasar-pasar Murah yang dibuka pemerintah daerah, menjelang bulan suci Ramadhan.

Bahan pokok yang dijual Bulog dalam pasar murah nanti adalah gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, beras dan telur ayam ras, dan lainnya.

Seminggu jelang Ramadhan, kata Lili, biasanya banyak dinas dan lembaga pemerintah yang menggelar pasar murah dan bahan kebutuhan pokok yang dijual. Untuk pemenuhan bahan pokok di pasar murah, Bulog akan menyiapkan di Gudang Siron, Lambaro, Aceh Besar.

“Kelima bahan kebutuhan pokok itu, sudah tersedia di gudang, tinggal kapan waktunya dibutuhkan, kita segera mengantar barangnya ke lokasi Pasar Murah,” ujar Lili.