ID EN
event_note 13-Mar-2019 08:06 | account_circle deby S | folder_open Industri CPO | remove_red_eye 83

Pertamina Bakal Gunakan CPO Untuk Genjot Produksi Minyak Sumur Tua


Pertamina Bakal Gunakan CPO Untuk Genjot Produksi Minyak Sumur Tua
Merdeka.com - PT Pertamina EP terus berupaya mencari alternatif untuk mengatasi permasalahan penggunaan Enhance Oil Recovery (EOR). EOR merupakan salah satu cara meningkatkan produksi minyak dari sumur tua, namun untuk melaksanakannya tidak mudah sebab industri kimia penghasil surfaktan polimer yang akan digunakan dalam EOR belum ada di Indonesia.

Vice Presiden EOR Pertamina EP, Andi W Bachtiar mengatakan, metode EOR untuk meningkatkan produksi minyak dari sumur tua dilakukan dengan menyuntikan surfaktan polimer ke sumur minyak. Namun saat ini, bahan kimia tersebut masih sulit didapatkan di dalam negeri sehingga harus impor dan harganya mahal.

"Kenapa gunakan surfaktan polimer, jauh lebih besar dari pada air. Tapi cari surfaktan polimer ini susah," kata Andi, di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Menurut Andi, Pertamina EP sedang melakukan uji coba untuk mencari pengganti bahan baku sulfaktan polimer, salah satu alternatifnya adalah minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO). Namun, untuk membangun industri dan menerapkannya memerlukan waktu 10 tahun.

"Alternatif pengganti chemical impor, dengan CPO. Dalam waktu 10 taun ke depan bisa scale up ke level industri bahan dasar surfaktan," tuturnya.

Dengan menggunakan minyak sawit, maka bahan kimia untuk EOR tidak perlu lagi diimpor, sebab ketersediaan di dalam negeri cukup. Selain itu, juga bisa menjadi solusi jika minyak sawit Indonesia dilarang untuk ekspor.

"CPO nggak bisa ekspor, bisa jadi surfaktan," tuturnya.

( Sumber : https://www.merdeka.com/uang/pertamina-bakal-gunakan-cpo-untuk-genjot-produksi-minyak-sumur-tua.html )