ID EN
event_note 14-Jan-2019 08:13 | account_circle deby S | folder_open Industri Gula | remove_red_eye 79

RI yang Gemar Impor dan Harga Gula nan Tinggi


 RI yang Gemar Impor dan Harga Gula nan Tinggi
Jakarta, CNBC Indonesia - Di masa lalu, Indonesia pernah menjadi negara pengekspor gula. Namun kini Indonesia malah menjadi salah satu negara pengimpor gula terbesar di dunia. Bahkan Indonesia termasuk negara yang gemar impor gula.

Senangnya Indonesia mengimpor gula inilah yang dikritik Faisal Basri. Ekonom Senior ini mengkritik tata niaga pangan pemerintah karena mendadak menjadi pengimpor gula terbesar di dunia.
Dapat kicauannya melalui twitter pribadinya, Faisal Basri menyebut Indonesia duduk di urutan pertama dengan mengimpor sekitar 4,45 juta metrik ton gula selama periode 2017/2018. Volume ini melebihi impor gula China sebesar 4,2 juta metrik ton dan AS yang mencapai 3,11 juta metrik ton.
"Praktek rente gila-gilaan seperti ini berkontribusi memperburuk defisit perdagangan," tulisnya seperti dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (12/1/2019).
Dia bahkan mengatakan pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk menekan defisit neraca dagang, kecuali memerangi praktek ini dan memecat Menteri Perdagangan.

Tidak hanya hari ini, kemarin Faisal juga menyoroti harga eceran gula di Indonesia yang menurutnya lebih mahal 2,4-3,4 kali lipat dibandingkan harga gula dunia sepanjang Januari 2017 - November 2018.

"Impor gula rafinasi membanjir. Pemburu rente meraup triliunan rupiah. Mengapa semua diam?" cuitnya.

Dia menunjukkan perbandingan pergerakan harga gula dunia yang bersumber dari data Bank Dunia dengan harga gula di pasar domestik yang bersumber dari data BPS. 

Data tersebut menunjukkan, harga eceran gula dunia bergerak turun dari US$ 0,45 per kg di Januari 2017 ke level US$ 0,28 per kg di November tahun lalu.

Berdasarkan riset CNBC Indonesia, pada tahun 2017 Indonesia merupakan importir gula nomor dua terbesar di dunia dengan nilai total impor sebesar US$ 2,6 miliar, hanya kalah dari AS yang sebesar US$ 4,2 miliar, mengutip laporan UN Comtrade.

Gula yang diimpor Indonesia merupakan kategori HS17 atau gula secara umum termasuk produk-produk turunannya seperti sirup dan kembang gula.
(  Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20190112183356-4-50379/ri-yang-gemar-impor-dan-harga-gula-nan-tinggi )