07-May-2013 04:52 Arief Yuswiyanto Industri Kelapa 2299

Pengolahan Limbah Sabut Kelapa menjadi Sapu Dan Keset


Pengolahan Limbah Sabut Kelapa menjadi Sapu Dan Keset

ROBOLINGGO, (TubasMedia.Com) – Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pohon kelapa. Sejak kecil, kepada kita telah dikenalkan bahwa pohon kelapa berguna dari akar sampai daunnya. Pemanfaatannya selama ini, buahnya menjadi santan dan minyak. Batangnya untuk kayu bangunan dan daunnya untuk kerajinan sapu, dan lain-lain.

Limbah kulit buah kelapa yang selama ini cuma dibuang dapat dijadikan produk yang bermanfaat untuk lingkungan dan membawa nilai ekonomis di perdesaan. Limbah kulit kelapa dapat diolah menjadi serabut kelapa yang merupakan bahan dasar sapu, tali, dan keset. Kegiatan daur ulang sabut kelapa dimanfaatkan oleh penduduk Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Dengan berkembangnya teknologi, serat serabut kelapa produksi dalam negeri diincar oleh negara tetangga, yang diolah menjadi barang yang mempunyai harga sangat tinggi. Selama ini, negara kita hanya mengekspor serabut kelapa mentah.

Dari berbagai literatur, serabut kelapa sekarang dapat diaplikasikan sebagai bahan yang ramah lingkungan, seperti untuk mengisi tanah bekas galian tambang sehingga menjadi tanah produktif. Dan sekarang sedang dikembangkan cocomatrass, yaitu serabut kelapa untuk matras (aplikasi di springbed).

Ternyata dengan pemanfaatan dan teknologi yang tepat guna limbah yang terbuang dapat dijadikan barang dengan nilai ekonomis tinggi dan dapat menjaga lingkungan. 

 

 

(Sumber : Tubasmedia.com)

 

blog comments powered by Disqus