06-Mar-2013 04:08 Arief Yuswiyanto Industri Kopi 1165

HARGA Biji Kopi Robusta Masih Rp25.000 Per Kg


HARGA Biji Kopi Robusta Masih Rp25.000 Per Kg

 

PALU–Harga biji kopi jenis robusta di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah, hingga kini masih tetap bertahan seperti sebelumnya. Sejumlah pedagang kopi di Palu mengatakan harga biji robusta tetap bertahan pada kisaran Rp25.000 per kg.

Yanie (45), seorang pedagang kopi di bilangan Jalan Towua, Palu Selatan, mengatakan kopi yang diperdagangkan di kota itu berasal dari Kabupaten Sigi, Donggala dan Poso. Ketiga kabupaten di Sulteng itu merupakan sentra produksi kopi.

Hal senada juga disampaikan Roni Bejo, pedagang kopi lainnya. Dia mengatakan harga kopi di pasaran saat ini cukup bagus.

Para petani dalam dua tahun terakhir ini terlihat semakin bergairah mengembangkan tanaman perkebunan itu menyusul membaiknya harga kopi di pasaran setempat.

Sementara data Dinas Perkebunan Sulteng menyebutkan, luas areal tanaman kopi robusta di provinsi ini baru 10.884 hektare dengan jumlah produksi per tahun 7.674 ton. Sedangkan luas areal tanaman kopi arabika baru sekitar 257 ha dengan produksi 147 ton per tahun.

Sementara potensi lahan yang tersedia di seluruh kabupaten di Sulteng masih ribuan hektare lagi. (Antara/wde)

 

(sumber : Bisnis-kti.com)

blog comments powered by Disqus