05-Mar-2013 07:18 Arief Yuswiyanto Industri Hasil Laut 516

Sumbar Tingkatkan Pemasaran Produksi Perikanan


Sumbar Tingkatkan Pemasaran Produksi Perikanan

 

Padang, (Antara) - Pemerintah provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus meningkatkan pemasaran hasil produksi perikanan, dengan terlebih dahulu menaikan nilai tambah dan daya saing produk tersebut melalui pengolahan industri. 


Agar pemasarannya dapat ditingkatkan maka dilaksanakan program peningkatan nilai tambah dan daya saing produksi perikanan melalui pengembangan pengolahan produksi, kata Gubernur Sumbar di Padang, Sabtu.

Untuk itu, pada 2013 Sumbar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan program peningkatan nilai tambah dan daya saing produksi perikanan dan program pengembangan pengolahan hasil produk tersebut.

Sumbar mengalokasikan anggaran mencapai Rp7,69 miliar untuk membiayai pelaksanaan dua program dengan 17 kegiatan itu.

Tujuan dari program-program ini untuk mewujudkan pengolahan hasil laut dan perikanan sebagai unggulan pertama dalam pengembangan kegiatan usaha sektor industri di Sumbar.

Ditempatkanya hasil laut sebagai unggulan pertama sektor industri Sumbar didasarkan kepada Peraturan Presiden No.28/2008 tentang kebijakan industri nasional yang menetapkan 10 industri unggulan di Sumbar, kata Gubernur.

Industri unggulan kedua di Sumbar adalah, pengolahan coklat (kakao), lalu pengolahan makanan ringan, industri kulit dan alas kaki, industri sulaman, bordir dan produk tekstil lainnya.

Berikutnya, industri pengolahan komoditi gambir, minyak astiri, industri maritim, industri semen dan industri alsintal, tambahnya.

Menurut dia, dari 10 unggulan sektor industri Sumbar itu, maka enam diantaranya adalah yang berbasis pengolahan produk pertanian baik agro industri maupun agrobisnis.

Ia mengatakan, tentu saja industri agro tersebut baru merupakan tahap awal dalam pengembangan industri di suatu daerah dalam menuju industri manufaktur lainnya.

Perekonomian Sumbar, tambahnya, saat ini masih berada pada tahap pengembangan industi pengolahan produk pertanian, terutama untuk hasil perkebunan dan tanaman perenial. (*/sun)

 

(sumber : antarasumbar.com)

blog comments powered by Disqus