ID EN
event_note 28-Oct-2011 09:34 | folder_open Industri Hilir Kelapa Sawit | remove_red_eye 1358

Kawasan Khusus Sei Mangkei Butuh Investasi Rp 5,7 Triliun


Kawasan Khusus Sei Mangkei Butuh Investasi Rp 5,7 Triliun

Jakarta - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara akan menjadi kawasan industri hilirisasi sawit dan karet. Perkiraan investasi yang dibutuhkan Rp 5,7 triliun khususnya Penanaman Modal Asing (PMA).

Demikian diungkapkan Deputi Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur Lucky Eko yang ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jumat (28/10/2011).

"Di komitmen kami ada sekitar investasi Rp 5,7 triliun di Sei Mangkei. Sebelumnya sudah ada investor yang ikut beauty contest dan pemenangnya ada dua menetapkan investasi Rp 5,7 triliun," ungkap Lucky.

Namun Lucky mengaku tidak tahu persis berapa persentase investasi antara pemenang yang ada tersebut. Ia hanya memastikan porsinya lebih banyak dari penanaman modal asing.

"Itu pun investasinya baru tahap pertama. Jadi di wilayah itu memang direncanakan untuk wilayah processing, untuk mendorong industri pengolahan. Ingin dirikan hilirisasi kelapa sawit, karet, dan sebagainya," ujarnya.

Bahkan Lucky menambahkan, perusahaan asing juga berencana menanamkan investasi di wilayah tersebut. Misalnya Unilever yang ingin membangun industri processing di wilayah Sei Mangkei, Sumatera Utara.

(Sumber: http://finance.detik.com, 28 Okt 2011)